1

PERKEMBANGAN & EVOLUSI SISTEM OPERASI Berbasis Dekstop [ WINDOWS ] 





Sistem operasi berbasis dekstop yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, yaitu Windows bukan sesuatu yang baru lagi bagi para pengguna komputer, hal ini dikarenakan Sistem Operasi Windows yang selalu setia memberikan pelayanan dari dulu hingga saat ini.
Atau mungkin beberapa dari kita ada yang belum pernah pernah menggunakan atau bahkan mengatahui bagaimana penampakan sistem operasi Windows yang pertama kali?? Okke tenang saja karena saya juga belum pernah mencicipi sistem operasi  pertama dari perusahaan Microsoft ini.
Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan penjelasan dan gambaran mengenai perkembangan Sistem Operasi Windows dari awal lahirnya hingga saat ini.

Windows 1
Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran.
Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama "Windows" akan lebih "memikat" konsumen.
Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis.

Windows 2
Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dgn pendahulunya. Sebagian besar populeritasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi buatan Microsoft, yaitu Microsoft Exel dan Microsoft Word pada saat itu.
Windows versi 2.0x menggunakan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 MB saja. Dalam konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya, semacam DESQview, yang berjalan dalam modus terproteksi yang ditawarkan oleh Intel 80286.

Windows 2.1
Windows/286 2.1 ini menggunakan model memori modus real  yang mendukung High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1 bahkan memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC.
Semua aplikasi Windows dan berbasis DOS saat itu memang berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modus Virtual 8086, yang merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Intel 80386.

Windows 3.0
Microsoft Windows versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990 yang menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual dan terdapat peningkatan performa pemrosesan grafik pada waktu itu dengan adanya kartu grafis Video Graphics Array (VGA).

Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standar, dan modus 386 Enhanced, dan kompatibel dengan prosesor-prosesor keluarga Intel saat itu.

Windows 3.1

Pada tahun 1992, windows 3.1 muncul dengan berbagai kelebihannya seperti halnya kemampuan untuk menampilkan font TrueType Fonts, yang dikembangkan secara bersama-sama dengan Apple, dan juga terdapat di dalamnya banyak sekali perbaikan terhadap bug dan dukungan terhadap multimedia.
Versi 3.1 juga menghilangkan dukungan untuk modus real, sehingga hanya berjalan pada modus terproteksi yang hanya dimiliki oleh mikroprosesor Intel 80286 atau yang lebih tinggi lagi.



Windows 95

Windows  95 dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Fitur-fitur pada Windows 95 menjadikan aplikasi Win32 untuk mengalamatkan RAM virtual sebanyak maksimal 2 GB (dengan 2 gigabyte sisanya dicadangkan untuk sistem operasi), dan dalam teorinya mencegah aplikasi tersebut untuk mengganggu ruangan memori yang dimiliki oleh aplikasi Win32 lainnya tanpa adanya persetujuan dari sistem operasi.

Windows 98
Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98, di dalamnya  mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.


Windows 2000
Microsoft merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau "NT 5.0". Di antara fitur-fitur Windows 2000 yang paling signifikan adalah Active Directory, sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke mesin lainnya.

Windows ME (Millennium Edition)
Pada bulan September 2000, Microsoft memperkenalkan Windows Millennium Edition (Windows ME) Versi ini memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik. Versi ini juga memasukkan fitur "System Restore," yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan.
Windows Me merupakan sistem operasi terakhir yang dibuat berdasarkan kernel monolithic Windows 9x dan MS-DOS. Versi ini pun menjadi versi terakhir sistem operasi Windows yang tidak memiliki Windows Product Activation (WPA).

Windows XP

Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.
Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.

Windows Vista
Windows Vista (versi 6.0), dirilis pada tanggal 30 November 2006 bagi kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi "administrator-by-default" yang diberlakukan pada Windows XP. Windows Vista juga memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih "memikat", yang disebut dengan Windows Aero GUI.

Windows 7

Setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain.
Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop. Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista.

Windows 8
Pengembangan Windows 8 sudah dimulai sebelum Windows 7 diluncurkan tahun 2009. Pada akhir Januari 2011, di Consumer Electronics Show (CES), Microsoft mengumumkan bahwa Windows 8 akan mendukung mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 dari Intel, AMD dan VIA Technologies.



Windows 8.1
Rilis selanjutnya setelah Windows 8 adalah Windows 8.1 pada tanggal 26 Juni 2013, build 9431 (Windows 8.1 Free Preview) dirilis ke publik. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi dengan tombol Mulai baru, booting langsung ke desktop, layar kunci yang disempurnakan dan sejumlah aplikasi Metro yang baru. Pada tanggal 27 Agustus 2013, Windows 8.1 (build 9600) dirilis dengan nomor build 6.3.9600.16384. Microsoft mengadakan acara peluncuran pada 17 Oktober 2013 dan meluncurkan Windows 8.1 untuk publik keesokan harinya.



Windows 10

Windows 10 dirilis pada tanggal 31 juli 2015 dengan memberikan penawaran kepada para pengguna sistem operasi windows sebelumnya untuk melakukan upgrade ke windows 10 secara gratis yang akan di mulai pada tanggal di rilisnya hingga 1 tahun mendatang dan akan mendapatkan full original license Windows 10  dan tidak akan hilang walaupun mengalami update selanjutnya.
Windows 10 hadir tidak hanya dengan interfece yang memukau namun juga dibekali dengan sistem terbarunya yang memungkinkan pengguna dapat melakukan Booting hanya dengn waktu 2 detik, dan fitur lainya seperti adanya Cluod, dan dengan aplikasi terbarunya yang sangat menarik perhatian yaitu Microsoft Edge yang merupakan evousi dari Internet Explorer yang memberikan kepuasan dalam berinternet dengan lancar dan lebih cepat. Selain itu Windows 10 juga memiliki beberapa fitur lain seperti Aplikasi Commands, Snap Echancement, dan teknologi Vitual Dekstop.



Walaupun  mungkin diantara kita ada yang tidak berkesempatan untuk mencicipi semua versi Sistem Operasi Windows dari Microsfoft ini, paling tidaknya kita telah mengetahui bagaimana perkembangan Sistem Operasi Windows ini setiap tahunnya.

Dan tentunya perkembangan Sistem Operasi berbasis Dekstop khususnya Microsoft Windows ini pastinya akan terus berkembang dimasa yang akan datang, untuk memenuhi permintaan konsumen dalam memenuhi kebutuhan akan teknologi. 




Pandangan tentang Sistem Operasi di masa yang akan datang !!  
Menurut kami Sistem Operasi dimasa depan akan akan semakin canggih sehingga automatis Sistem Operasi dimasa mendatang akan semakin mudah serta nyaman untuk digunakan, untuk membantu memenuhi kebutuhan dan aktifitas serta kerja sehari-hari. Misalnya saja Sistem Operasi di masa depan telah menggunakan teknologi berbasis Cloud yang semakin canggih dan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan semua perangkat elektroniknya bahkan bisa juga untuk menghubungkan semua perangkat elektronik rumah tangga sehingga semua pengendalian pada suatu perangkat bisa dikontrol dari jarak jauh guna mempermudah pekerjaan.
Atau bahkan Sistem Operasi di masa mendatang tidak hanya berbasis dekstop, server, mobile atau cloud saja. Mungkin setiap benda, kendaaraan ataupun suatu object lainnya sudah memiliki sistem operasinya sendiri. Misalnya saja kendaraan sepeda motor di masa mendatang yang memiliki sebuah sistem operasi dengan teknologi yang sudah canggih, ini akan memungkinkan untuk mengontrol dan merawat kendaraan motor tesebut menjadi lebih mudah. Dan misalnya sebuah rumah dengan sistem operasi yang memberikan sistem pengamanan canggih terhadap rumah tersebut.
Wah..membayangkan tentang dunia di masa depan sungguh tak terkira, semua orang mempunyai argumen serta bayangannya masing-masing mengenai dunia teknologi di masa depan. Bahkan rumor dan kabarnya saat ini para ilmuwan bahkan sudah mencanangkan di masa depan akan adanya suatu media pertukaran informasi dengan menggunakan otak manusia itu sendiri, atau  bisa disebut juga dengan komunikasi telepati.
Sungguh suatu ide dan gagasan yang di luar logika, mungkin beberapa orang ada yang beranggapan mustahil namun siapa tau bilanya hal tersebut dapat diwujudkan di masa mendatang, karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. :D



Posting Komentar

 
Top